Seputaran.id
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional
No Result
View All Result
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional
No Result
View All Result
Seputaran.id
No Result
View All Result
  • Umum
  • Kalsel
  • Peristiwa
  • Olahraga
  • Advetorial
  • Nasional
Home Kesehatan

Puskesmas Sungai Andai, Puskesmas Ramah Pelayanan Publik

Selasa, 6 Mei 2025 | 12:05 WITA
Penyerahan penghargaan Puskesmas Ramah Pelayanan Publik untuk Puskesmas Sungai Andai yang diterima Wakil Walikota Banjarmasin Hj Ananda. (foto : shn/seputaran)

Penyerahan penghargaan Puskesmas Ramah Pelayanan Publik untuk Puskesmas Sungai Andai yang diterima Wakil Walikota Banjarmasin Hj Ananda. (foto : shn/seputaran)

Bagikan Di FacebookBagikan Di TwitterBagikan Di Whatsapp

SEPUTARAN.ID, BANJARMASIN – Puskesmas Sungai Andai ditetapkan sebagai Puskesmas Ramah Pelayanan Publik pertama di Kalimantan Selatan (Kalsel) oleh Ombudsman RI Perwakilan Kalsel.

Predikat ini diraih berkat penilaian tinggi dalam aspek pelayanan, infrastruktur, sikap petugas yang dinilai humanis dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Wakil Walikota Banjarmasin Hj Ananda mengharapkan, agar seluruh Puskesmas di Banjarmasin mengikuti jejak Puskesmas Sungai Andai dalam memberikan pelayanan yang ramah dan manusiawi.

Optimalisasi Peran Tiga Pilar Mewujudkan P3S 

Optimalisasi Peran Tiga Pilar Mewujudkan P3S 

Rabu, 5 Nov 2025 | 14:42
Kasus Dugaan Keracunan di SMPN 33 Banjarmasin Sudah Diserahkan ke Polisi

Kasus Dugaan Keracunan di SMPN 33 Banjarmasin Sudah Diserahkan ke Polisi

Selasa, 4 Nov 2025 | 19:52
Gerakan Nasional Program Aksi Bergizi Sasar Siswi SMP

Gerakan Nasional Program Aksi Bergizi Sasar Siswi SMP

Jumat, 31 Okt 2025 | 18:01
Dinkes Banjarmasin Imbau Masyarakat Waspadai Penyakit di Musim Penghujan

Dinkes Banjarmasin Imbau Masyarakat Waspadai Penyakit di Musim Penghujan

Selasa, 28 Okt 2025 | 16:09

“Kita tahu masih ada stigma bahwa pelayanan publik itu ketus dan tidak ramah. Karena itu, kami bekerja sama dengan Ombudsman untuk menjadikan Puskesmas Sungai Andai sebagai percontohan,” tuturnya.

Ia pun mengharapkan, 27 Puskesmas lainnya atau yang ada di Banjarmasin segera menyusul untuk meraih Puskesmas Ramah Pelayanan Publik.

Dikatakannya, Sebagai bentuk transparansi, masyarakat kini bisa mengakses standar layanan Puskesmas melalui barcode yang tersedia di lokasi. “Saya menegaskan, akan melakukan pengecekan langsung ke lapangan dan memberikan pembinaan jika ditemukan pelayanan yang tidak sesuai,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalsel Hadi Rahman mengatakan, penetapan Puskesmas Ramah Pelayanan Publik ini dilakukan berdasarkan hasil evaluasi berkala.

Puskesmas Sungai Andai dinilai menonjol dari sisi kualitas pelayanan dan berada di zona hijau dalam pemetaan pelayanan publik.

“Kami ingin pelayanan tidak hanya fokus pada sarana-prasarana, tapi juga pada sikap dan kompetensi petugas harus menjadi perhatian serius,” pintanya.

Namun, ia mengingatkan, komitmen untuk ramah harus berlangsung terus, tidak hanya di awal penetapan. Mengingat, masih ada Puskesmas lain di  Banjarmasin yang berada di zona kuning bahkan merah, sehingga perlu pembenahan serius.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes)  Banjarmasin dr Tabiun Huda menghendaki, prestasi ini menjadi pemicu semangat untuk meningkatkan mutu pelayanan lebih baik, agar masyarakat dapat menikmati keramaian pelayanan publik di Puskesmas Andai.

“Ini dibuktikan dengan nilai yang bagus dari Ombudsman, tidak hanya itu perlu dipertahankan juga perilaku harus sejalan. Tujuannya memberikan pelayanan ramah kepada semua orang, apalagi yang rentan,” ingatnya.

Dia pun meminta, kalau ada ditemukan keluhan oleh masyarakat, boleh dilaporkan dan bakal diperbaiki yang menjadi kekurangannya. “Nantinya Pusksmas lain menyusul dapat menjadi ramah pelayanan publik, ini pelan-pelan dulu yang menjadi contoh,” ujarnya.

Sementara Kepala Puskesmas Sungai Andai dr Mei Vita Ariyani mengatakan, pihaknya telah menerima pelatihan khusus dari Ombudsman terkait teknik meredakan emosi pasien dan menangani komplain.

“Kami menerima sekitar 80-100 pasien per hari. Orang dari luar berobat, pasti dilayani juga. Pelayanan terbanyak adalah poli umum. Kita juga punya teknik tersendiri untuk menjaga emosi pasien dan komplain agar tetap kondusif,” terangnya.

Baginya, penetapan Puskesmas Ramah Pelayanan Publik ini menjadi tantangan tersendiri sekaligus kehormatan, karena jadi yang pertama di Kalsel bahkan mungkin di Indonesia.

“Meski belum memiliki layanan persalinan lengkap, Puskesmas ini tetap melayani kasus darurat kelahiran dan tengah mempersiapkan fasilitas untuk layanan rawat inap minimal 10 kamar,” tukasnya. (shn/smr)

Tags: Dinkes BanjarmasinPuskesmasPuskesmas Ramah Pelayanan PublikSungai Andai

Baca Juga

Relawan PSM Bekerja 24 Jam Tanpa Pamrih

Relawan PSM Bekerja 24 Jam Tanpa Pamrih

Rabu, 19 Nov 2025 | 20:19
Hidupkan Perahu Tambangan Bernuansa Tempo Dulu

Hidupkan Perahu Tambangan Bernuansa Tempo Dulu

Rabu, 19 Nov 2025 | 20:13
Disdik Banjarmasin Bakal Perbaiki 10 Sekolah di 2026

Disdik Banjarmasin Bakal Perbaiki 10 Sekolah di 2026

Rabu, 19 Nov 2025 | 20:10
Efisiensi Anggaran di 2026, Kegiatan Serimonial dan Perjalanan Dinas Dikurangi

Efisiensi Anggaran di 2026, Kegiatan Serimonial dan Perjalanan Dinas Dikurangi

Rabu, 19 Nov 2025 | 20:05
Next Post
Ribuan JCH Kalsel Terbang Melalui Bandara Syamsudin Noor

Ribuan JCH Kalsel Terbang Melalui Bandara Syamsudin Noor

  • Kontak Kami
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami

PT. Seputaran Media Rezeki

No Result
View All Result
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional

PT. Seputaran Media Rezeki

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist