Seputaran.id
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional
No Result
View All Result
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional
No Result
View All Result
Seputaran.id
No Result
View All Result
  • Umum
  • Kalsel
  • Peristiwa
  • Olahraga
  • Advetorial
  • Nasional
Home Pemerintahan

Ingin Dapatkan Layanan Darurat di Banjarmasin, Hubungi Call Center 112 

Jumat, 2 Feb 2024 | 12:59 WITA
Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina saat melihat operator layanan darurat call center 112 usai dilaunching. (foto : shn/seputaran)

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina saat melihat operator layanan darurat call center 112 usai dilaunching. (foto : shn/seputaran)

Bagikan Di FacebookBagikan Di TwitterBagikan Di Whatsapp

SEPUTARAN.ID, BANJARMASIN – Bagi warga Banjarmasin yang ingin mendapatkan layanan darurat, silakan hubungi layanan panggilan darurat respon cepat 24 jam ke Call Center 112.

Adapun layanan darurat dimaksud, seperti kebakaran, gangguan hewan liar, pohon tumbang, bantuan ambulance, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), bencana alam , kemacetan, hingga pertolongan kecelakaan lalu lintas.

Layanan darurat call center 112 tersebut sudah dilaunching, di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Kamis (1/2/2024).

84 Orang Tempuh Pendidikan di Sekolah Paket Guna Mendapatkan Ijazah Formal

84 Orang Tempuh Pendidikan di Sekolah Paket Guna Mendapatkan Ijazah Formal

Sabtu, 20 Sep 2025 | 19:52
FTBI Tingkat SD : Tampilkan Pameran dan Expo Hasil Kreativitas Sekolah serta Lomba

FTBI Tingkat SD : Tampilkan Pameran dan Expo Hasil Kreativitas Sekolah serta Lomba

Sabtu, 20 Sep 2025 | 16:29
DPMPTSP Banjarmasin Rangkul Anak Putus Sekolah Gelar Bakti Sosial

DPMPTSP Banjarmasin Rangkul Anak Putus Sekolah Gelar Bakti Sosial

Sabtu, 20 Sep 2025 | 14:24
Anggaran Rp 3 Miliar, 100 Rumah Bakal Diperbaiki Tahun Depan

Anggaran Rp 3 Miliar, 100 Rumah Bakal Diperbaiki Tahun Depan

Sabtu, 20 Sep 2025 | 14:19

Ditandai dengan simulasi  langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dengan melakukan panggilan darurat ke 112 ke call taker yang bermarkas di Balai Kota Banjarmasin.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina bersyukur, karena berkat support semua pihak, layanan panggilan darurat ini bisa hadir untuk masyarakat.

“Semua itu terintegrasi Command Center kita selama 24 jam, gratis dan bebas pulsa,” ucapnya.

Ia berharap, dengan hadirnya call center ini, mengurangi tingkat kedaruratan yang berakibat fatal bagi masyarakat.

“Dengan menghubungi call center ini mudah-mudahan layanan bisa didapatkan segera.Terutama kebakaran, gangguan hewan liar, pohon tumbang, bantuan ambulance, KDRT, bencana alam, kecelakaan lalu lintas dan sejenisnya,” ujarnya.

Hanya saja, Ibnu mengingatkan, nomor call center jangan dimain-mainkan atau diiseng-isengi. Karena ada sanksi bagi yang menelpon untuk main-main atau iseng.

“Semoga ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, mudah-mudahan hadirnya call center 112 ini dapat memberikan rasa nyaman kepada masyarakat,” sebutnya.

Dia menyatakan, layanan darurat call center ini merupakan pelayanan publik paling sederhana, agar masyarakat merasa bahwa pemerintah itu hadir dalam situasi darurat pun.

“Dari pihak penyedia juga bilang sudah ada kerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk di tempat wisata agar wisatawan bisa hadir, dapat memberikan rasa aman, nyaman dan dapat pertolongan bila keadaan darurat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Banjarmasin Windiasti Kartika mengatakan, setelah dilaunching, layanan call center 112 bisa dimanfaatkan dan berfungsi dengan baik bagi warga Banjarmasin.

“Kemudian untuk pelayanan kedaruratan dari Diskominfo hanya sebagai koordinator atau mengkordinir dinas terkait yang memiliki layanan kedaruratan untuk berintegrasi dan berkontribusi dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Dikatakannya, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang masuk dalam layanan kedaruratan tersebut, sudah dibuatkan Surat Keputusan (SK) atau Peraturan Walikota (Perwali), terkait peran dan fungsi dalam layanan call center 112.

Baginya, SKPD yang ikut terlibat sangat antusias dan mendukung dengan keberadaan call center 112. Sebab, mempermudah Banjarmasin dalam memberikan layanan kedaruratan kepada masyarakat.

“Jadi tidak ada lagi masyarakat yang bingung ketika terjadi kedaruratan mau nelpon, oleh satu nomor tadi telah mencakup semua pelayanan,” pungkasnya.

Sedangkan, Ketua Sub Tim Layanan 112 Direktorat Pengembangan Pita Lebar Kementerian Kominfo Agung Setio Utomo mengatakan, di layanan ini, ada sistem untuk memblokir nomor digunakan hanya untuk iseng.

“Pemblokiran ini dilakukan bertahap. Misalnya tiga hari dulu, kalau iseng diblokir lagi dan dievaluasi. Kalau sering ya blokir permanen karena khawatir tindakan itu menganggu bagi mereka yang benar-benar membutuhkan bantuan. Tidak hanya itu, jika sudah dianggap sangat menganggu dan meresahkan maka yang bersangkutan bisa pidana,” tegasnya.

Dia pun meminta, layanan Call Center 112 itu perlu disosialisasikan secara luas, agar masyarakat bisa mengetahuinya. (shn/smr)

Tags: banjarmasinCall Center 112Launching

Baca Juga

H Muhidin Minta Walikota/Bupati dan SKPD Kurangi Kegiatan Tidak Penting

H Muhidin Minta Walikota/Bupati dan SKPD Kurangi Kegiatan Tidak Penting

Jumat, 3 Okt 2025 | 19:15
Hadiri ‎Pameran Kerajinan INACRAFT, Ketua Dekranasda Kalsel Motivasi UMKM Banua

Hadiri ‎Pameran Kerajinan INACRAFT, Ketua Dekranasda Kalsel Motivasi UMKM Banua

Jumat, 3 Okt 2025 | 19:09
Gubernur Kalsel Terima Kunjungan Pangdam XXII/Tambun Bungai Zainul Arifin

Gubernur Kalsel Terima Kunjungan Pangdam XXII/Tambun Bungai Zainul Arifin

Jumat, 3 Okt 2025 | 18:53
Total Tunggakan Rp 110 Miliar Lebih, 121 Rekening Wajib Pajak Diblokir

Total Tunggakan Rp 110 Miliar Lebih, 121 Rekening Wajib Pajak Diblokir

Jumat, 3 Okt 2025 | 18:46
Next Post
Bank Kalsel Hadirkan Kantor Kas dan Mesin ATM di PT Taspen Jakarta

Bank Kalsel Hadirkan Kantor Kas dan Mesin ATM di PT Taspen Jakarta

  • Kontak Kami
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami

PT. Seputaran Media Rezeki

No Result
View All Result
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional

PT. Seputaran Media Rezeki

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist