SEPUTARAN.ID, BANJARMASIN – PT Trio Motor, Main Dealer resmi Honda untuk wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, menggelar ajang Kontes Teknikal bertajuk Festival Vokasi Satu Hati (FEVOSH) tingkat regional.
Kompetisi ini diadakan untuk memupuk dan mengasah kompetensi teknis para siswa dan kemampuan proses belajar mengajar para guru di sekolahsekolah binaan Honda yang ada di kedua provinsi tersebut.
Kegiatan yang diselenggarakan di Main Dealer Training Center (MDTC) milik Trio Motor di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, ini diikuti oleh puluhan peserta dari 20 sekolah binaan Honda di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng).
Para peserta berasal dari berbagai SMK yang telah menjadi mitra Honda dalam mengembangkan keterampilan teknis sepeda motor, dengan harapan dapat mencetak teknisi muda yang terampil dan siap bekerja di industri otomotif.
Kompetisi ini terbagi dalam dua kategori, yaitu kategori siswa dan kategori guru. Pemenang dari masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah berupa tropi, mockup, dan uang pembinaan dengan total jutaan rupiah.
Para pemenang dipilih berdasarkan uji kompetensi yang terdiri dari ujian teori dan praktik yang menguji pemahaman mereka tentang teknologi sepeda motor Honda terkini.
Pemenang Kategori Siswa Juara 1: Muhammad Raehan – SMKN 1 Sungai Tabuk, Juara 2: Muhammad Febrian Al Fayyid – SMKN 2 Amuntai , Juara 3: Syaufi Rachmad – SMKS Putra Pangkalan Bun.Pemenang Kategori Guru: Juara 1: Fahruddinnor – SMKN 2 Amuntai ,Juara 2: Marfuad – SMKS Putra Pangkalan Bun, Juara 3: Syaiful Bahri – SMKS Islam Sabilal Muhtadin.
Ajang ini menguji kompetensi teknis para peserta siswa dalam merawat dan memperbaiki sepeda motor Honda, serta kemampuan para guru dalam menyampaikan materi dengan cara yang menyenangkan dan efektif, sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh Astra Honda Motor (AHM).
Lidya Maya Sari, Corporate Communication dan Vocational Manager PT Trio Motor, mengungkapkan Festival Vokasi Satu Hati merupakan bagian dari komitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia, khususnya di Kalselteng.
“ Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat mencetak generasi yang memiliki keterampilan teknis unggul serta siap menghadapi tantangan di industri otomotif,” ujar Lidya di Banjarmasin, Kamis (14/11/2024).
Kustiono, Vocational Officer PT Trio Motor menambahkan Kompetisi ini juga menjadi wadah bagi para guru untuk mengembangkan metode pengajaran yang lebih inovatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi otomotif.
“ Kami ingin memastikan bahwa setiap peserta didik mendapatkan pendidikan yang terbaik untuk mempersiapkan mereka menghadapi dunia kerja,” jelasnya.
Kampanye Sinergi Bagi Negeri Festival Vokasi Satu Hati ini adalah bagian dari kampanye Sinergi Bagi Negeri yang digagas oleh Honda untuk mendukung pengembangan pendidikan vokasi di seluruh Indonesia.
Kompetisi ini juga berperan dalam menyelaraskan penyerapan kurikulum Teknik Sepeda Motor Astra Honda (TSM) dengan kebutuhan industri, sehingga para lulusan SMK dapat langsung terjun ke dunia kerja dengan keterampilan yang sesuai dengan standar yang dibutuhkan.
Kompetisi ini berjenjang, dimulai dari tingkat sekolah, kemudian regional, hingga tingkat nasional.
Sebanyak 26.917 pelajar dan 2.615 guru dari ratusan SMK mitra binaan PT Astra Honda Motor (AHM) berkompetisi dalam ajang FEVOSH 2025, dengan tujuan untuk menjadi yang terbaik di bidang vokasi otomotif roda dua.
Dengan mengikuti serangkaian uji kompetensi sesuai dengan Kurikulum Merdeka Teknik Sepeda Motor, untuk bersaing di tingkat nasional.
Lalu dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, Trio Motor terus berkomitmen untuk mengembangkan pendidikan vokasi yang berkualitas, serta meningkatkan daya saing para siswa dan guru dalam industri otomotif di Indonesia. (putza/smr)