Seputaran.id
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional
No Result
View All Result
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional
No Result
View All Result
Seputaran.id
No Result
View All Result
  • Umum
  • Kalsel
  • Peristiwa
  • Olahraga
  • Advetorial
  • Nasional
Home Pemerintahan

SP4N Lapor : UPTD Parkir Paling Banyak Laporan

Jumat, 3 Okt 2025 | 14:52 WITA
Kepala Diskominfotik Banjarmasin Windiasti Kartika. (foto : shn/seputaran)

Kepala Diskominfotik Banjarmasin Windiasti Kartika. (foto : shn/seputaran)

Bagikan Di FacebookBagikan Di TwitterBagikan Di Whatsapp

SEPUTARAN.ID, BANJARMASIN – Layanan aspirasi dan pengaduan masyarakat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik dengan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N Lapor) Banjarmasin mencatat tren pengaduan sepanjang Januari hingga Agustus 2025. Dari ratusan laporan yang masuk, ada dua isu paling menonjol menjadi sorotan warga, yakni tarif parkir dan keterbukaan informasi publik.

Instansi yang paling banyak laporan adalah Dinas Perhubungan (Dishub) melalui UPTD Parkir. Warga menilai perubahan tarif parkir masih membingungkan dan kurang transparan.

“Keluhan yang masuk tidak hanya soal tarif, tetapi juga berupa pertanyaan hingga permintaan klarifikasi resmi,” ucap Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Banjarmasin, Windiasti Kartika, Rabu (1/10/2025).

Program Tukar Sampah Plastik jadi Tiket Trans Banjarmasin Berlanjut

Program Tukar Sampah Plastik jadi Tiket Trans Banjarmasin Berlanjut

Jumat, 30 Mei 2025 | 23:36
Empat Hari Digelar, Puluhan Angkutan Terjaring Giat

Empat Hari Digelar, Puluhan Angkutan Terjaring Giat

Kamis, 22 Mei 2025 | 16:05
Giat Dishub Banjarmasin Jaring Puluhan Angkutan

Giat Dishub Banjarmasin Jaring Puluhan Angkutan

Selasa, 20 Mei 2025 | 16:16
Angkutan Dilarang Melintas Banjarmasin Selama Libur Lebaran

Angkutan Dilarang Melintas Banjarmasin Selama Libur Lebaran

Minggu, 30 Mar 2025 | 14:07

Menurut dia, warga sekarang bukan hanya melaporkan keluhan, tapi juga aktif meminta informasi publik yang dibutuhkan. “Ini menunjukkan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap hak mereka untuk tahu,” ungkapnya.

Dalam tiga bulan terakhir dari Juli hingga September 2025, setidaknya ada 20 laporan permintaan informasi publik yang terekam di SP4N Lapor. “Permintaan tersebut meliputi berbagai hal, mulai dari sertifikasi halal, jam operasional puskesmas, hingga tarif parkir resmi,” bebernya.

Windi mengatakan, semua laporan yang masuk diproses dan diteruskan ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. “Setiap masukan masyarakat tidak berhenti di kami saja, melainkan langsung di tindaklanjuti instansi berwenang,” jelasnya.

Kemudian laporan masyarakat yang masuk melalui SP4N Lapor menjadi bahan penting bagi pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan.

Ia melanjutkan, tren pelaporan ini menjadi indikasi positif bahwa warga semakin aktif dalam menuntut transparansi dan perbaikan layanan publik.

SP4N Lapor kini tidak hanya berfungsi sebagai kotak kritik, tetapi menjadi jembatan komunikasi dua arah antara Pemerintah dan warga. “Kami ingin masyarakat percaya bahwa setiap laporan mereka didengar dan ditindaklanjuti. Itulah tujuan utama hadirnya SP4N Lapor,” katanya.

Hal ini menunjukan bahwa warga Banjarmasin kini tidak hanya menyampaikan keluhan, tetapi juga menuntut transparansi dan kejelasan layanan publik. “Tentunya ini selaras dengan semangat keterbukaan informasi yang terus digencarkan Pemerintah,” tukasnya. (shn/smr)

Tags: Dishub BanjarmasinDiskominfotik BanjarmasinSP4N-LaporUPTD Parkir

Baca Juga

Walikota Banjarmasin Minta Ratusan Bank Sampah Reaktivasi

Walikota Banjarmasin Minta Ratusan Bank Sampah Reaktivasi

Jumat, 3 Okt 2025 | 14:39
Walikota Sayangkan Kapal Patroli Terbengkalai, Kepala BPBD : Mesinnya Tidak Bisa Diperbaiki

Walikota Sayangkan Kapal Patroli Terbengkalai, Kepala BPBD : Mesinnya Tidak Bisa Diperbaiki

Kamis, 2 Okt 2025 | 20:44
Hasil Seleksi Bakal Calon Komisaris PAM Bandarmasih Segera DiumumkanĀ 

Hasil Seleksi Bakal Calon Komisaris PAM Bandarmasih Segera DiumumkanĀ 

Kamis, 2 Okt 2025 | 19:03
Momentum Hari Kesaktian Pancasila, WaliKota Yamin Tegaskan Pentingnya Pengamalan dan Pelayanan Publik Berkeadilan

Momentum Hari Kesaktian Pancasila, WaliKota Yamin Tegaskan Pentingnya Pengamalan dan Pelayanan Publik Berkeadilan

Kamis, 2 Okt 2025 | 08:19
  • Kontak Kami
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami

PT. Seputaran Media Rezeki

No Result
View All Result
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional

PT. Seputaran Media Rezeki

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist