Seputaran.id
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional
No Result
View All Result
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional
No Result
View All Result
Seputaran.id
No Result
View All Result
  • Umum
  • Kalsel
  • Peristiwa
  • Olahraga
  • Advetorial
  • Nasional
Home Kalsel

Ombudsman Kalsel Sampaikan Catatan Pengawasan Pelayanan Publik di Pemkab HSS

Selasa, 23 Sep 2025 | 16:47 WITA
Foto bersama pihak Ombudsman Kalsel dengan Bupati HSS Syafrudin Noor. (foto : istimewa)

Foto bersama pihak Ombudsman Kalsel dengan Bupati HSS Syafrudin Noor. (foto : istimewa)

Bagikan Di FacebookBagikan Di TwitterBagikan Di Whatsapp

SEPUTARAN.ID, BANJARMASIN – Sejumlah pengaduan masyarakat Hulu Sungai Selatan (HSS) masuk ke Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada rentang waktu 2021-2025.

Ada beberapa kluster pengaduan masyarakat terkait keluhan pelayanan publik di Kabupaten HSS, antara lain layanan di tingkat pemerintahan desa, layanan kesejahteraan sosial seperti Program Rumah Sejahtera, konflik lahan antara masyarakat dengan perusahaan, permasalahan infrastruktur yang belum tertangani serta layanan administrasi kependudukan.

Hal tersebut disampaikan oleh Hadi Rahman, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kalsel saat melakukan kunjungan kelembagaan yang disambut langsung oleh Bupati HSS H. Syafrudin Noor, di kediamannya pada Selasa, (23/9/2025)

Musda KNPI Kalsel 2025 Dinilai Menyalahi Prosedur

Musda KNPI Kalsel 2025 Dinilai Menyalahi Prosedur

Sabtu, 13 Sep 2025 | 21:32
51 Anggota Pramuka Kwarcab Banjarmasin Dilepas Ikuti Jamda Kalsel 2025

51 Anggota Pramuka Kwarcab Banjarmasin Dilepas Ikuti Jamda Kalsel 2025

Jumat, 12 Sep 2025 | 18:40
Bank Kalsel Kirim Tiga Frontliner untuk Ajang BPDSI 2025

Bank Kalsel Kirim Tiga Frontliner untuk Ajang BPDSI 2025

Kamis, 11 Sep 2025 | 21:08
Menu MBG Diduga Ada Kandungan Minyak Babi, Dewan Bakal Pantau Langsung

Menu MBG Diduga Ada Kandungan Minyak Babi, Dewan Bakal Pantau Langsung

Jumat, 5 Sep 2025 | 20:10

Selain itu, Hadi menyampaikan, beberapa catatan penting mengenai upaya atau pendekatan yang perlu dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, khususnya di HSS.

Pertama, pelayanan khusus. Ombudsman Kalsel meminta Pemkab HSS terus melakukan peningkatan pelayanan khusus kepada kelompok rentan dan masyarakat di Wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar, terutama soal pelayanan dasar seperti administrasi kependudukan dan akses infrastruktur. “Ini penting terus dilakukan, agar ada kesetaraan dan keadilan pelayanan terhadap silent citizen,” tegas Hadi Rahman.

Kedua, lanjut Hadi Rahman, peningkatan pelayanan publik di tingkat desa. Salah satu program Ombudsman Kalsel adalah Desa Anti Maladministrasi. “Melalui program ini, kami melakukan pendampingan kepada pemerintahan desa mengenai bagaimana pemenuhan standar pelayanan publik di desa, tata kelola administrasi desa, hingga kepemimpinan kepala desa,” sebutnya.

“Ketiga, kami menyarankan seluruh pengisi gerai-gerai di Mal Pelayanan Publik, aktif mengisi gerai serta ada produk layanan spesifik yang disampaikan ke masyarakat”, lanjut Hadi Rahman.

Terakhir, lanjutnya, dalam konteks bidang kesehatan, pemerintah daerah dapat memberikan dukungan dan kerjasama tenaga kesehatan untuk Rumah Tahanan yang ada di Kabupaten HSS.

Hadi menegaskan, catatan pengawasan ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi konstruktif bagi Pemerintah Kabupaten HSS untuk terus berbenah. Dengan kolaborasi yang solid antar-instansi, diharapkan kualitas pelayanan publik di Bumi Rakat Mufakat dapat terus meningkat, menjawab keluhan masyarakat secara efektif, dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Sementara itu, Bupati HSS H. Syafrudin Noor, menyambut baik kunjungan dari Ombudsman. Ia berharap, perbaikan tata kelola pelayanan publik di Kabupaten Hulu Sungai Selatan terus mendapatkan dukungan dari Ombudsman Kalsel, demi mewujudkan Visi membangun desa dan menata kota untuk Kabupaten HSS yang “Semangat” (Sejahtera, Mandiri, Agamis, Mengayomi dan Teknologi). (smr)

Tags: KalselOmbudsman KalselPemkab HSSUmum

Baca Juga

SP4N Lapor : UPTD Parkir Paling Banyak Laporan

SP4N Lapor : UPTD Parkir Paling Banyak Laporan

Jumat, 3 Okt 2025 | 14:52
Walikota Banjarmasin Minta Ratusan Bank Sampah Reaktivasi

Walikota Banjarmasin Minta Ratusan Bank Sampah Reaktivasi

Jumat, 3 Okt 2025 | 14:39
Rezim Presiden Siapa pun, Wartawan Harus Tetap Berpikir Kritis 

Rezim Presiden Siapa pun, Wartawan Harus Tetap Berpikir Kritis 

Jumat, 3 Okt 2025 | 11:41
Walikota Sayangkan Kapal Patroli Terbengkalai, Kepala BPBD : Mesinnya Tidak Bisa Diperbaiki

Walikota Sayangkan Kapal Patroli Terbengkalai, Kepala BPBD : Mesinnya Tidak Bisa Diperbaiki

Kamis, 2 Okt 2025 | 20:44
Next Post
Bank Kalsel Sumbang 814 Al Quran di Wisuda Akbar BKPRMI Banjarmasin

Bank Kalsel Sumbang 814 Al Quran di Wisuda Akbar BKPRMI Banjarmasin

  • Kontak Kami
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami

PT. Seputaran Media Rezeki

No Result
View All Result
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional

PT. Seputaran Media Rezeki

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist