SEPUTARAN.ID, TAPIN – Wakil Bupati Tapin H Juanda, menegaskan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan sebagai wujud nyata kehadiran negara.
Hal itu dikatakannya saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Penyelenggara Pelayanan Publik yang digelar Pemkab Tapin, di Aula Tamasa, Selasa (26/8/2025).
“Dengan dibukanya Bimtek ini, ia mengajak jajaran pemerintah Tapin memperkuat komitmen bersama dalam melayani masyarakat sepenuh hati,” katanya.
Menurutnya, di era serba cepat dan transparan, masyarakat menuntut layanan yang mudah, cepat, dan berkualitas.
“Setiap keluhan harus kita jadikan motivasi untuk berbenah, sementara apresiasi menjadi semangat untuk terus memberikan yang terbaik,” ujar Juanda.
Ia mengapresiasi peran Ombudsman yang selama ini aktif memberikan pembinaan, asistensi, dan penilaian terhadap pelayanan publik di Tapin. Kehadiran Ombudsman dalam kegiatan ini dinilai penting untuk memperkuat komitmen pemerintah daerah dalam membangun pelayanan yang akuntabel dan berorientasi pada masyarakat.
“Kolaborasi dengan Ombudsman sangat vital dalam upaya mencegah maladministrasi dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan pemerintah,” tambahnya.
Juanda berharap, seluruh perangkat daerah mampu memanfaatkan kegiatan ini sebagai momentum meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam memberikan pelayanan publik yang prima.
Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan (Kalsel). Sementara peserta Bimtek seluruh SKPD Lingkup Tapin. (adv/smr)