SEPUTARAN.ID, BANJARMASIN – Syukuran HUT PT Air Minum (PTAM) Bandarmasih ke-51 di 2024 digelar dengan tema Sinergi Untuk Pelanggan. Rangkaian acara yang sekaligus diisi Apel itu digelar di Aula PAM Bandarmasih, Senin (4/3/2024).
Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina yang hadir di HUT tersebut mengingatkan, PTAM jangan hanya umur tua, tapi pelayanan harus bermutu. Jadi, tentunya perlu komitmen bersama untuk memperbaiki kinerja perusahaan daerah ini.
Sehingga, layanan air bersih kepada masyarakat bisa terlayani dengan baik.
“Tapi kita harus syukuri, karena PTAM Bandarmasih memiliki pelanggan terbesar di Kalimantan Selatan (Kalsel) hingga 180 ribu lebih,” katanya.
Oleh karena itu, Ibnu juga meminta, agar terus berbenah bersama untuk kemajuan PTAM Bandarmasih.
“Tidak hanya diminta untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap ratusan ribu pelanggan di Banjarmasin, PTAM Bandarmasih juga tidak baper dan mau menerima kritikan dari masyarakat,” ucapnya.
Ia juga optimis, dengan bisnis plan 2024 PTAM Bandarmasih mampu memberikan layanan prima sampai ke pelanggan.
Apalagi, kalau misalnya rencana untuk pemasangan pipa primer di A Yani dan kemudian dari situ ke Soetoyo S khususnya Banjarmasin Barat itu bisa terlayani dengan baik.
“Soalnya dari daerah itu yang memang masih belum memuaskan layanannya,” jelasnya.
Apalagi, sertifikat ISO yang diterima PTAM Bandarmasih merupakan bukti jika perusahaan ini, sudah memenuhi standar yang ditetapkan dalam manajemen ISO.
Ditambah lagi, launching Bandarmasih Command Center yang dimana untuk kemajuan pelayanan air minum kepada pelanggan. Sebab, memanfaatkan teknologi informasi untuk memantau titik-titik layanan yang ada di pelanggan baik itu kualitas dan tekanannya.
“Ada dua misi utama perusahaan daerah khususnya PTAM Bandarmasih yakni sosial oriented memang layanan dasar yang harus dilaksanakan dan profit oriented keuntungan didapatkan,” sebutnya.
Sementara itu, Direktur Utama PTAM Bandarmasih Muhammad Ahdiat mengatakan, menjalankan perusahaan perlu kolaborasi, kerja sama dan sinkronisasi baik internal maupun eksternal.
Sehingga dengan bersinergi, pelayanan dan program yang ingin dicapai bisa dilaksanakan dengan baik.
“Di usia ke-51 ini, PTAM Bandarmasih berkomitmen untuk melakukan peningkatan layanan di titik-titik terujung jaringan,” ungkapnya.
Sebab, diakuinya, masih ada beberapa wilayah yang masih belum terlayani dengan maksimal.
“Sehingga itu yang akan kita fokuskan untuk kita benahi lakukan perbaikan baik itu skala jangka pendek, menengah dan panjang. Itu sudah disusun dalam rencana bisnis kita selama 5 tahun,” jelasnya.
Ia juga menjelaskan, Bandarmasih Command Center itu untuk mengontrol dan memonitoring operasional. Mulai dari air baku, pengolahan dan sampai distribusi pelayanan, termasuk untuk memudahkan kinerja pegawai di lapangan.
“Semua itu, dalam rangka untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan informasi guna memudahkan manajemen menampilkan keputusan,” tukasnya. (shn/smr)