Seputaran.id
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional
No Result
View All Result
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional
No Result
View All Result
Seputaran.id
No Result
View All Result
  • Umum
  • Kalsel
  • Peristiwa
  • Olahraga
  • Advetorial
  • Nasional
Home Kalsel

Bertemu Walikota Banjarmasin, Ombudsman Kalsel Serahkan Ombudsman Brief

Senin, 14 Apr 2025 | 18:03 WITA
Walikota Banjarmasin HM Yamin saat pertemuan dengan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kalsel Hadi Rahman. (foto : istimewa)

Walikota Banjarmasin HM Yamin saat pertemuan dengan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kalsel Hadi Rahman. (foto : istimewa)

Bagikan Di FacebookBagikan Di TwitterBagikan Di Whatsapp

SEPUTARAN.ID, BANJARMASIN – Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Hadi Rahman melakukan kunjungan kelembagaan ke Walikota Banjarmasin, di Balai Kota Banjarmasin, Jumat (11/4/2025).

Perwakilan Ombudsman RI Kalsel disambut langsung Walikota Banjarmasin HM Yamin HR dan didampingi Wakil Walikota Banjarmasin Hj Ananda.

Dalam kesempatan tersebut, Perwakilan Ombudsman RI Kalsel menyampaikan sejumlah catatan dalam pengawasan penyelenggaran pelayanan publik dari 2020-2024 di Banjarmasin, mulai dari pencegahan Maladministrasi hingga penyelesaian Laporan.

Meriahkan Harjad ke-75 Kalsel, Dispersip Gelar Bedah Buku dan Workshop Book Review

Meriahkan Harjad ke-75 Kalsel, Dispersip Gelar Bedah Buku dan Workshop Book Review

Jumat, 8 Agu 2025 | 12:23
Komisi III DPRD Kalsel Bahas Penambahan Anggaran Program Rumah Layak Huni

Komisi III DPRD Kalsel Bahas Penambahan Anggaran Program Rumah Layak Huni

Rabu, 6 Agu 2025 | 20:26
Diskominfo Kalsel Gelar Pelatihan Bidang AI untuk 300 Perempuan

Diskominfo Kalsel Gelar Pelatihan Bidang AI untuk 300 Perempuan

Rabu, 6 Agu 2025 | 20:09
Komisi I DPRD Kalsel Dorong Optimalisasi Program Mitra Kerja

Komisi I DPRD Kalsel Dorong Optimalisasi Program Mitra Kerja

Rabu, 6 Agu 2025 | 19:58

Hadi menyebut, dari sisi pencegahan Maladministrasi, pada 2021, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin mendapatkan skor Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik 83,98, pada 2022 turun menjadi 69,63 dan pada 2023 meningkat dengan nilai 88,02 dan pada 2024, meningkat tajam dengan skor 95,45.

“Dari 2021, 2023 hingga 2024, Pemko Banjarmasin mendapatkan predikat penilaian Hijau. Kami berharap ini ditingkatkan, kalau bisa semua SKPD di lingkungan Pemko Banjarmasin, juga masuk dalam Zona Hijau,” katanya.

Dari sisi penyelesaian Laporan, Perwakilan Ombudsman Kalsel memberikan catatan atas kecepatan respon terhadap setiap aduan masyarakat.

“Jika ada laporan masyarakat, agar segera direspon. Ini yang jadi atensi kami”, tegas Hadi Rahman.

Menurutnya, sejumlah laporan yang ditangani dan tindaklanjuti pihaknya, di antaranya terkait pengelolaan sampah, penegakan disiplin ASN, penanganan infrastruktur, tata kelola pendidikan, pengurusan Adminduk, penerbitan sporadik tanah, akses internet bagi sekolah, hingga penegakan Perda, misalnya terkait truk angkutan masuk kota dan pengelolaan sungai.

Hadi Rahman menjelaskan, Ombudsman RI sebagai lembaga negara yang mempunyai fungsi dan wewenang untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, baik yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Negara dan Pemerintahan, termasuk BUMN, BUMD, Swasta atau perseorangan, yang diberi tugas untuk menyelenggarakan pelayanan publik.

Dalam menjalankan fungsi tersebut, ada dua fokus Ombudsman, yakni pencegahan Maladministrasi dan penyelesaian Laporan.

Dia juga mengapresiasi visi dan misi walikota – wakil walikota Banjarmasin. Karena punya komitmen atas pelayanan publik.

“Kami apresiasi visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin yang berkomitmen kuat terhadap peningkatan tata kelola pelayanan publik yang cepat, praktis dan berbasis digital. Bagi kami, ini merupakan bukti konkrit bahwa pelayanan publik di Banjarmasin, diberi perhatian yang serius,” katanya.

Di pertemuan itu, Perwakilan Ombudsman RI Kalsel menyerahkan “Ombudsman Brief” yang berisi catatan pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik di Pemko Banjarmasin selama 5 tahun terakhir.

“Kami berharap, catatan ini bisa menjadi bahan dan rujukan bagi Pemko Banjarmasin untuk menyusun kebijakan dan program kerja yang berhubungan dengan perbaikan tata kelola pelayanan publik yang berkualitas prima dan terhindar dari Maladministrasi”, tutur Hadi Rahman.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin HM Yamin menyampaikan terima kasih kepada Perwakilan Ombudsman Kalsel dan berharap sinergi antara Pemko Banjarmasin dan Ombudsman terus berjalan.

“Kami juga siap menindaklanjuti saran dan rekomendasi Ombudsman agar pelayanan publik di Banjarmasin terus meningkat kualitasnya,” tukasnya. (smr)

Tags: HM YaminKalselOmbudsman BriefPemerintahanwalikota banjarmasin

Baca Juga

Jelang HUT ke-80 RI, Gerindra Banjarmasin Bagikan Bendera Merah Putih

Jelang HUT ke-80 RI, Gerindra Banjarmasin Bagikan Bendera Merah Putih

Kamis, 14 Agu 2025 | 21:25
Benahi Drainase di Tiga Kawasan, PUPR Siapkan Anggaran Rp 3 Miliar

Benahi Drainase di Tiga Kawasan, PUPR Siapkan Anggaran Rp 3 Miliar

Kamis, 14 Agu 2025 | 21:22
Puluhan Tutup Manhole Drainase di Jalan RE Martadinata Hilang

Puluhan Tutup Manhole Drainase di Jalan RE Martadinata Hilang

Rabu, 13 Agu 2025 | 21:28
Rangkaian Harjad ke-499 Banjarmasin, Bakal Berlangsung Selama 1 Bulan

Rangkaian Harjad ke-499 Banjarmasin, Bakal Berlangsung Selama 1 Bulan

Rabu, 13 Agu 2025 | 21:24
Next Post
Kini Layanan Ambulans dan Parkir di Puskesmas Gratis

Kini Layanan Ambulans dan Parkir di Puskesmas Gratis

  • Kontak Kami
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami

PT. Seputaran Media Rezeki

No Result
View All Result
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional

PT. Seputaran Media Rezeki

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist