Site icon Seputaran.id

Plt Gubernur Kalsel Serahkan Penghargaan Kepada Pertanahan Banjarbaru

Plt Gubernur Kalsel H Muhidin serahkan penghargaan dari Perwakilan Ombudsman RI Kalsel kepada Kepala Kantor Pertanahan Banjarbaru Dr Ahmad Suhaimi. (foto : istimewa)

SEPUTARAN.ID, BANJARMASIN – Plt Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Muhidin serahkan penghargaan penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2024 dari Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalsel kepada Kepala Kantor Pertanahan Kota Banjarbaru Dr Ahmad Suhaimi.

Penyerahan penghargaan tersebut disaksikan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kalsel Hadi Rahman bersama tamu udangan lainnya. Yang mana, penilaian yang dilaksanakan Ombudsman secara serentak di seluruh Indonesia ini, telah dilaksanakan sejak 2015.

Maksud pelaksanaan penilaian ini, guna mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik baik dari pemenuhan standar pelayanan, penyediaan sarana-prasarana, peningkatan kompetensi pelaksana layanan hingga pengelolaan pengaduan.

Adapun objek penilaian Ombudsman, melingkupi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel dan 13 Pemerintah Kabupaten/Kota di Kalsel dengan lokus 83 unit SKPD penyelenggara layanan, 13 Kantor Polres di bawah Polda Kalsel dengan lokus 3 unit satuan pada masing-masing Polres, serta 13 Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota di bawah Kanwil BPN Kalsel.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kalsel Hadi Rahman mengapresiasi, terhadap peningkatan nilai kepatuhan penyelenggaraan publik, pada Pemerintah Daerah Kementerian dan Lembaga di Kalsel.

Penilaian Ombudsman dilaksanakan sejak Maret sampai November 2024, dengan melibatkan 3.771 responden internal maupun eksternal.

Di Kalsel, nilai rata-rata Pemda di  2024 adalah 93,64, Polres dengan rata-rata nilai 93,89, dan Kantor Pertanahan dengan rata-rata nilai 93,31.

Plt Gubernur Kalsel H Muhidin merasa bangga atas capaian hasil yang diraih oleh Pemerintah Daerah, Kementerian danLembaga di Kalsel.

“Selamat dan apresiasi tinggi kepada komitmen kita semua, sehingga capaian hasil ini diraih. Terimakasih atas sinergitas Ombudsman Kalsel yang turut mendukung perbaikan kualitas pelayanan publik di Kalimantan Selatan. Di masa kepemimpinan kami, saya berkomitmen tidak boleh ada masyarakat yang kesulitan mengakses layanan publik. Mari bekerja merangkul semua, pelayanan publik prima menjadi tujuan kita bersama,” tukasnya. (putza/smr)