Site icon Seputaran.id

Pergantian Pipa PAM Bandarmasih di Jalan HKSN Rampung, Warga Tidak Begadang Lagi

Pihak PAM Bandarmasih saat peninjauan pemasangan pipa distribusi yang sudah rampung. (foto : istimewa)

SEPUTARAN.ID, BANJARMASIN – Proses pergantian pipa baru di kawasan Jalan HKSN, Kecamatan Banjarmasin Utara, kini telah rampung.

Pergantian pipa tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan distribusi air bersih kepada pelanggan yang ada di kawasan Alalak, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Direktur Operasional (Dirops) PAM Bandarmasih, Edwarsyah mengungkapkan, pasca pergantian pipa tersebut, untuk pendistribusian air bersih kepada pelanggan saat ini sudah mengalami peningkatan.

“Dari data hasil pemeriksaan kita di lapangan, dari daerah yang menjadi sasaran kita sudah mulai mengalami peningkatan,” ungkapnya.

Ia mengklaim, hasil dari pergantian pipa membuat tekanan distribusi mengalami peningkatan hingga ke ujung jaringan yang ada di kawasan tersebut.

“Sekarang airnya sudah relatif 24 jam jalan, dan pelanggan yang menggunakan pompa air juga sudah mulai berkurang. Dimana sebelumnya, untuk diujung jaringan itu untuk tekanan itu hanya sampai 0,9 Bar, setelah pergantian pipa sekarang menjadi 0,2-0,3 Bar tekanan,,” papar Edwarsyah.

Menurutnya, dari segi kehilangan tekanan juga sudah berkurang, sehingga hal ini dapat menambah kuantitas pendistribusian air di kawasan itu.

Selain itu juga, tingkat kehilangan air di kawasan tersebut juga sudah mengalami penurunan, sehingga pelayanan terhadap pelanggan bisa lebih meningkat.

“Secara umum yang biasanya kita mendistribusikan kesana itu sebanyak 680 meter kubik perjam, sekarang menjadi 640 meter kubik perjam, yang artinya tingkat kehilangan airnya sudah bisa kita kurangi,” ucap Edwarsyah.

Tidak hanya itu, beber Dirops, untuk memaksimalkan pelayanan di kawasan tersebut, saat ini pihaknya juga melakukan pemasangan pipa baru di kawasan Jalan Perdagangan Banjarmasin Utara.

“Di kawasan itu akan kita pasang pipa ukuran 160 mm dan 90 mm, yang nantinya akan membantu meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan yang ada disana,” beber Dirops.

“Jadi ini merupakan bagian dari rangkaian upaya PAM Bandarmasih untuk mengoptimalkan pelayanan terhadap pelanggan, terutama dari sisi kualitas, kuantitas, dan kontinuitas,” tuturnya.

Sementara itu, pelayanan distribusi air bersih ke kawasan Alalak Selatan dan Alalak Tengah mulai dinikmati warga pelanggannya.

Bahkan distribusi air sangat lancar dan mengalami peningkatan.

Salah satu warga RT 01, Alalak Tengah, Siti Aminah mengatakan, kalau saat ini kondisi air sudah berjalan lancar.

“Alhamdulillah, sekarang air leding sudah mulai membaik dan lancar. Jadi enak sekarang tidak perlu begadang lagi untuk menjaga air jalan, karena siang malam sudah jalan,” sambungnya.

Warga RT 06, Alalak Selatan, Diana juga mengungkapkan, kalau saat ini air sudah jalan 24 jam penuh.

“Siang dan malam airnya tetap jalan, walaupun tidak menggunakan mesin pompa air, waktu siang airnya tetap mau jalan,” ungkap Diana.

Ia juga berharap, agar kondisi seperti ini bisa terus bertahan, dan kalau bisa meningkat lebih baik lagi.

“Semoga tidak ada macet-macet lagi, karena capek kalo sampai macet lagi, harus menunggu airnya jalan, ditambah lagi kalau memakai mesin biaya makin bertambah,” pungkasnya. (smr)