SEPUTARAN.ID #BANJARMASIN – Bank Kalsel akan melakukan downtime layanan dalam rangka maintenance upgrade fitur-fitur terbaru Core Banking System (CBS), pada Minggu (14/11/2021) pukul 02.00 – 15.00 Wita.
Downtime sendiri merupakan periode ketika sistem tidak tersedia atau offline, sehingga pada periode ini segala bentuk layanan Bank Kalsel tidak dapat digunakan, seperti jaringan ATM, mobile banking, tarik tunai, transfer, maupun layanan lainnya.
“Saya atas nama manajemen Bank Kalsel, mengucapkan mohon maaf atas ketidaknyamanan seluruh nasabah saat berlangsungnya kondisi downtime layanan. Kondisi ini tentunya tidak kita harapkan bersama, namun hal ini perlu untuk dilakukan dalam rangka peningkatan layanan terbaik kepada nasabah di masa akan datang,” beber Plt. Direktur Utama Bank Kalsel I.G.K Prasetya dalam rilis yang diterima SEPUTARAN.ID, Senin (8/11/2021).
Ia juga memohon pengertian agar proses downtime berlangsung dengan lancar, sehingga para nasabah dapat kembali memperoleh layanan terbaik Bank Kalsel secara optimal.
Menurut dia, alasan dilakukan downtime sebagai mengikuti kemajuan teknologi informasi dalam upaya menjaga resiliensi perbankan, agar senantiasa mampu beradaptasi dengan kemajuan
zaman.
Sehingga Setiap perbankan dituntut untuk berbenah dan bertransformasi, meningkatkan kompleksitas usaha dalam rangka menghadapi persaingan yang semakin kompetitif.
Karakter masyarakat yang semakin kritis, cerdas dan aware dalam menanggapi kualitas perbankan ataupun terhadap produk dan layanan yang ditawarkan, harus disikapi perbankan secara bijak, sehingga strategi dicanangkan dapat memberikan capaian optimal.
Oleh karenanya, Bank Kalsel sebagai bank milik masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel) yang mengusung tagline “Setia Melayani, Melaju Bersama”, senantiasa menegaskan komitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik kepada nasabah seiring dengan visi menjadi bank yang kuat, kompetitif dan berkontribusi mendorong pembangunan ekonomi nasional.
Atas hal tersebut, sebagai bentuk modernisasi menuju Digital Banking, Bank Kalsel mereformasi CBS yang sebelumnya menjadi Temenos T24.
CBS T24 menjadikan Bank Kalsel mampu memperluas lingkup layanan digital dengan menjanjikan aspek cepat, mudah, aman dan nyaman dalam bertransaksi, yang selanjutnya mensejajarkan diri dengan bank pesaing lainnya.
“Transformasi digital ini dilakukan tentunya untuk semakin meningkatkan dan memberikan layanan terbaik kepada nasabah. CBS T24 menyediakan fitur aplikasi layanan pembukaan rekening
secara online. Dalam kemudahan transaksi dan pelaporan keuangan, tersedia juga aplikasi berbasis web untuk virtual account. Keamanan pun semakin ditingkatkan dengan tersedianya standar security akses dan encryption terbaik dan tersertifikasi. Layanan lainnya yang dikembangkan adalah Laku Pandai, E-money, Loan/Financing Origination System, Management Information System, dan masih banyak lainnya,” jelas IGK Prasetya.
Tentunya fitur-fitur yang telah diuraikan tersebut, hanya segelintir saja dari sekian banyak fitur-fitur yang nantinya akan memberikan layanan terbaik kepada nasabah. Transformasi CBS ini
sendiri sedianya mulai dijalankan sejak kick-off implementation pada 23 November 2020.
Rencananya, CBS T24 akan Go Live pada Senin, 15 November 2021, dimana selanjutnya nasabah dapat menikmati fitur-fitur yang dihadirkan oleh Bank Kalsel dalam memenuhi segala kebutuhannya.
Sehingga, perbankan termasuk Bank Kalsel senantiasa berinovasi dan memberikan solusi terbaik untuk kecepatan, kemudahan, keamanan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi.
Hal itulah melatarbelakangi Bank Kalsel mengembangkan produk dan layanan serta bertransformasi menjadi Digital Banking.
Upaya ini tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan nasabah, namun juga memenuhi Exceeding Customers Needs.
“Nah menandai Go Live CBS T24 itu, jadi sehari sebelumnya Bank Kalsel akan melakukan downtime layanan untuk maintenance upgrade fitur-fitur terbaru CBS,” tandasnya. (smr)