Seputaran.id
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional
No Result
View All Result
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional
No Result
View All Result
Seputaran.id
No Result
View All Result
  • Umum
  • Kalsel
  • Peristiwa
  • Olahraga
  • Advetorial
  • Nasional
Home Kesehatan

Puskesmas Sungai Andai, Puskesmas Ramah Pelayanan Publik

Selasa, 6 Mei 2025 | 12:05 WITA
Penyerahan penghargaan Puskesmas Ramah Pelayanan Publik untuk Puskesmas Sungai Andai yang diterima Wakil Walikota Banjarmasin Hj Ananda. (foto : shn/seputaran)

Penyerahan penghargaan Puskesmas Ramah Pelayanan Publik untuk Puskesmas Sungai Andai yang diterima Wakil Walikota Banjarmasin Hj Ananda. (foto : shn/seputaran)

Bagikan Di FacebookBagikan Di TwitterBagikan Di Whatsapp

SEPUTARAN.ID, BANJARMASIN – Puskesmas Sungai Andai ditetapkan sebagai Puskesmas Ramah Pelayanan Publik pertama di Kalimantan Selatan (Kalsel) oleh Ombudsman RI Perwakilan Kalsel.

Predikat ini diraih berkat penilaian tinggi dalam aspek pelayanan, infrastruktur, sikap petugas yang dinilai humanis dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Wakil Walikota Banjarmasin Hj Ananda mengharapkan, agar seluruh Puskesmas di Banjarmasin mengikuti jejak Puskesmas Sungai Andai dalam memberikan pelayanan yang ramah dan manusiawi.

Musim Pancaroba Ekstrem, Dinkes Waspadai Tiga Penyakit Ini

Musim Pancaroba Ekstrem, Dinkes Waspadai Tiga Penyakit Ini

Rabu, 18 Jun 2025 | 14:56
Pengerjaan Jembatan CUSA Dilanjutkan, Target 4 Bulan Rampung

Pengerjaan Jembatan CUSA Dilanjutkan, Target 4 Bulan Rampung

Rabu, 11 Jun 2025 | 12:59
Covid-19 Belum Ditemukan di Banjarmasin, Masyarakat Diimbau Jangan Panik

Covid-19 Belum Ditemukan di Banjarmasin, Masyarakat Diimbau Jangan Panik

Rabu, 4 Jun 2025 | 19:40
Tiga Jalan Komplek di Sungai Andai Ini Akan Diaspal Tahun Ini

Tiga Jalan Komplek di Sungai Andai Ini Akan Diaspal Tahun Ini

Selasa, 29 Apr 2025 | 13:38

“Kita tahu masih ada stigma bahwa pelayanan publik itu ketus dan tidak ramah. Karena itu, kami bekerja sama dengan Ombudsman untuk menjadikan Puskesmas Sungai Andai sebagai percontohan,” tuturnya.

Ia pun mengharapkan, 27 Puskesmas lainnya atau yang ada di Banjarmasin segera menyusul untuk meraih Puskesmas Ramah Pelayanan Publik.

Dikatakannya, Sebagai bentuk transparansi, masyarakat kini bisa mengakses standar layanan Puskesmas melalui barcode yang tersedia di lokasi. “Saya menegaskan, akan melakukan pengecekan langsung ke lapangan dan memberikan pembinaan jika ditemukan pelayanan yang tidak sesuai,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalsel Hadi Rahman mengatakan, penetapan Puskesmas Ramah Pelayanan Publik ini dilakukan berdasarkan hasil evaluasi berkala.

Puskesmas Sungai Andai dinilai menonjol dari sisi kualitas pelayanan dan berada di zona hijau dalam pemetaan pelayanan publik.

“Kami ingin pelayanan tidak hanya fokus pada sarana-prasarana, tapi juga pada sikap dan kompetensi petugas harus menjadi perhatian serius,” pintanya.

Namun, ia mengingatkan, komitmen untuk ramah harus berlangsung terus, tidak hanya di awal penetapan. Mengingat, masih ada Puskesmas lain di  Banjarmasin yang berada di zona kuning bahkan merah, sehingga perlu pembenahan serius.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes)  Banjarmasin dr Tabiun Huda menghendaki, prestasi ini menjadi pemicu semangat untuk meningkatkan mutu pelayanan lebih baik, agar masyarakat dapat menikmati keramaian pelayanan publik di Puskesmas Andai.

“Ini dibuktikan dengan nilai yang bagus dari Ombudsman, tidak hanya itu perlu dipertahankan juga perilaku harus sejalan. Tujuannya memberikan pelayanan ramah kepada semua orang, apalagi yang rentan,” ingatnya.

Dia pun meminta, kalau ada ditemukan keluhan oleh masyarakat, boleh dilaporkan dan bakal diperbaiki yang menjadi kekurangannya. “Nantinya Pusksmas lain menyusul dapat menjadi ramah pelayanan publik, ini pelan-pelan dulu yang menjadi contoh,” ujarnya.

Sementara Kepala Puskesmas Sungai Andai dr Mei Vita Ariyani mengatakan, pihaknya telah menerima pelatihan khusus dari Ombudsman terkait teknik meredakan emosi pasien dan menangani komplain.

“Kami menerima sekitar 80-100 pasien per hari. Orang dari luar berobat, pasti dilayani juga. Pelayanan terbanyak adalah poli umum. Kita juga punya teknik tersendiri untuk menjaga emosi pasien dan komplain agar tetap kondusif,” terangnya.

Baginya, penetapan Puskesmas Ramah Pelayanan Publik ini menjadi tantangan tersendiri sekaligus kehormatan, karena jadi yang pertama di Kalsel bahkan mungkin di Indonesia.

“Meski belum memiliki layanan persalinan lengkap, Puskesmas ini tetap melayani kasus darurat kelahiran dan tengah mempersiapkan fasilitas untuk layanan rawat inap minimal 10 kamar,” tukasnya. (shn/smr)

Tags: Dinkes BanjarmasinPuskesmasPuskesmas Ramah Pelayanan PublikSungai Andai

Baca Juga

Tahun Ajaran Baru : SMPN 32 Kurang Siswa, Hanya Dapat 23 Peserta Didik Baru

Tahun Ajaran Baru : SMPN 32 Kurang Siswa, Hanya Dapat 23 Peserta Didik Baru

Rabu, 25 Jun 2025 | 21:40
Vaksin Dengue Sasar 2.500 Murid Kelas 3 dan 4 SD

Vaksin Dengue Sasar 2.500 Murid Kelas 3 dan 4 SD

Rabu, 25 Jun 2025 | 20:49
Lindungi Merek Produk IKM, Pemko Dorong Daftarkan HKI

Lindungi Merek Produk IKM, Pemko Dorong Daftarkan HKI

Rabu, 25 Jun 2025 | 20:38
Disponsori Bank Kalsel, Pembayaran WP Bisa Melalui M-Kios

Disponsori Bank Kalsel, Pembayaran WP Bisa Melalui M-Kios

Selasa, 24 Jun 2025 | 20:27
Next Post
Ribuan JCH Kalsel Terbang Melalui Bandara Syamsudin Noor

Ribuan JCH Kalsel Terbang Melalui Bandara Syamsudin Noor

  • Kontak Kami
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Pedoman Media Siber
  • Tentang Kami

PT. Seputaran Media Rezeki

No Result
View All Result
  • Umum
    • Pemerintahan
    • Ekonomi
    • Kesehatan
    • Pendidikan
    • Politik
    • Religi
    • Seni Budaya
  • Kalsel
    • Banjarmasin
    • Daerah
  • Peristiwa
    • Kejadian
    • Kriminal
    • Hukum
  • Olahraga
    • Bola
    • Otomotif
  • Advetorial
    • Kementerian ATR / BPN
    • Pemprov Kalsel
    • DPRD Kalsel
    • Bank Kalsel
    • Dispersip Kalsel
    • Pemko Banjarmasin
    • DPRD Banjarmasin
    • Pemkab Tapin
    • Pemkab Barito Selatan
  • Nasional

PT. Seputaran Media Rezeki

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist